Translate

Sabtu, 20 April 2013

BRAZIL "global agriculture superpower"

Brasil saat ini diketahui tumbuh sebagai negara yang kuat dalam sektor pertanian dan menjadi penopang pertumbuhan perekonomian negara tersebut.

 "Hanya Amerika Serikat dan Eropa yang bisa mengalahkan Brasil sebagai eksportir hasil pertanian," kata Head of Rural and Retail Rabobank Brasil, Carlos Ortiz, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu 3 Oktober 2012.

 keandalan Brasil dalam pengembangan pertanian, membuat sektor agrobisnis di negara Samba itu menjadi motor utama yang mendongkrak pertumbuhan ekonominya, dan menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.
 
"Brasil sudah menjadi negara superpower dunia di bidang pertanian atau global agriculture superpower," ujar Ortiz.

Keberhasilan Brasil, dia melanjutkan, didorong beberapa faktor di antaranya minimnya intervensi pemerintah, efisiensi dan mekanisme pasar, pasar domestik yang terstimulasi dan besar, serta koordinasi dan skala usaha yang baik.

"Pemerintah membebaskan sektor swasta untuk berusaha dan memantapkan stabilisasi usaha," tambahnya.
 
Keberhasilan negara itu juga didorong dengan aktifnya dukungan terhadap perkembangan kewirausahaan. "Kewirausahaan dalam sebuah ekonomi yang didorong pasar, usaha untuk terus meningkatkan efisiensi, dan pasar domestik yang besar serta merangsang pertumbuhan adalah beberapa kunci sukses Brasil," tuturnya.
 
Menurut Ortiz, keberhasilan Brasil ini adalah rancangan 20 tahun silam. Kini, agrobisnis negara tersebut terus tumbuh dengan tingkat panen tetap tinggi, kendati pertambahan lahan pertanian tidak besar.
 
Direktur Perbankan Korporasi dan Investasi Rabobank Indonesia, Eri Budiono, mengatakan, Brasil dan Indonesia memiliki kesamaan cuaca dan iklim, populasi, dan beberapa komoditas pertaniannya.

"Karena itu, ada beberapa pengalaman yang bisa diambil dari Brasil yang dapat digunakan dalam mengembangkan sektor agrobisnis lebih lanjut," ujarnya.

Eri menambahkan, Brasil juga berhasil menekan efisiensi, sehingga meminimalisasikan ekonomi berbiaya tinggi. (art)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

: