Translate

Rabu, 09 Oktober 2013

Pertanian Di Negara Brazil


Sejak awal era kolonial, pertanian memegang peranan utama dalam perekonomian Brasil. Perkebunan adalah penghubung negara ini dengan perekonomian dunia. Perekonomian agraria dikelola oleh perusahaan-perusahaan dengan lahan-lahan pertanian luas yang dikhususkan pada budidaya tanaman tunggal untuk ekspor dan tergantung pada buruh-buruh budak untuk produksinya. Diawali dengan budidaya gula pada abad ke-16, keseluruhan perekonomian negara mengalami perubahan naik-turun dengan ragam jenis hasil pertanian seperti kapas, coklat, karet dan kopi.

Tahun 1970-an menunjukkan peningkatan umum pada jumplah produk pertanian yang diekspor. Kacang kedelai melampaui hasil pertanian tradisional Brasil-kopi, coklat dan gula. Volume, nilai dan ragam dari produk-produk pertanian smei olahan dan manufaktur meningkat secara substansial, sebagian besar sebagai hasil dari intensifikasi pemerintah yang mengutamakan barang-barang olahan daripada barang baku. 

Pada tahun 1980-an pertanian tetap memainkan peranan penting bagi perekonomian negara, namun tidak lagi didominasi pertanian tunggal seperti pada masa sebelumnya. Melalui insentif keuangan dan fasilitas kredit khusus, pemerintah federal memberikan perhatian khusus bagi daerah-daerah pedalaman. Upaya dibuat untuk mencegah urbanisasi dengan memberikan program jaminan sosial yang sama dengan yang diberikan kepada penduduk kota . Hal ini tidak saja membuat para petani Brasil dapat menghasilkan lebih banyak untuk pasar domestik namun juga meningkatkan ekspor mereka.
Berbagai program dilangsungkan dalam dua dekade terakhir untuk mempromosikan keragaman panen. Laju pertumbuhan produksi biji-bijian terus naik secara konsisten termasuk gandum, padi, jagung dan kacang kedelai. Produk-produk seperti karet, kacang-kacangan Brasil, lilin dan serat kini banyak dibudidayakan, tidak lagi dipanen dari pepohonan hutan primer.
keandalan Brasil dalam pengembangan pertanian, membuat sektor agribisnis di negara samba ini menjadi motor utama yang mendongkrak pertumbuhan ekonominya, menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.


“Brasil sudah menjadi negara  superpower dunia di bidang pertanian atau global agriculture superpower".
 
Keberhasilan Brasil didorong beberapa faktor di antaranya minimnya intervensi pemerintah, efisiensi dan mekanisme pasar, pasar domestik yang terstimulasi dan besar, serta koordinasi dan skala usaha yang baik. Pemerintah membebaskan sektor swasta untuk berusaha dan memantapkan stabilisasi usaha.
Keberhasilan negara itu juga didorong dengan aktifnya pendukungan terhadap perkembangan kewirausahaan. Kewirausahaan dalam sebuah ekonomi yang didorong pasar, usaha untuk terus meningkatkan efisiensi, dan pasar domestik yang besar dan merangsang pertumbuhan adalah beberapa kunci sukses Brasil.


Keberhasilan Brasil ini adalah rancangan 20 tahun silam. Kini agrobisnis Brasil terus tumbuh dengan tingkat panen tetap tinggi, kendati pertambahan lahan pertanian tidak besar. Brasil berhasil meningkatkan produksi pertanian bukan dengan mengandalkan pembukaan lahan yang besar-besaran.
Pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan produksi sangat penting. Tak perlu teknologi tinggi, yang penting tepat guna.

Direktur Perbankan Korporasi dan Investasi Rabobank Indonesia  Eri Budiono mengatakan, Brasil dan Indonesia memiliki kesamaan cuaca dan iklim, populasi, dan beberapa komoditas pertaniannya.
“Karena itu, ada beberapa pengalaman yang bisa diambil dari Brasil yang dapat digunakan dalam mengembangkan sektor agrobisnis kita lebih lanjut,” tuturnya. Eri menilai, Brasil berhasil menekan efisiensi sehingga meminimalisasikan ekonomi berbiaya tinggi.



 Jangan hanya senyum dan jalan di tempat.


Nasrul Arta : dari berbagai sumber

1 komentar:

  1. ini yang aku cari, makasih gan artikelnya.
    sharing juga ni, dengar-dengar blog jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia adalah blog baru yang cukup bagus menyediakan referensi seputar pertanian, sesuai dengan namanya jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia memang tidak hanya membahas teori saja, namun infonya juga bersifat aplikatif, karena itulah kadang juga saya mengunjunginya DISINI>> jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia

    BalasHapus

: